Panduan Bahan Sticker bagi Pemula

Pemain sticker lama atau sudah melintang di jagat perstikeran pasti sudah tahu bahan bahan apa yang banyak dicari pelanggan. Namun, saya kerap sekali mendapatkan pertanyaan melalui weblog saya blog ini maupun lewat email dari orang orang yang ingin berjualan sticker. Untuk itu saya akan memberikan gambaran. Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan pertanyaan yang isinya hampir sama.

Saya asumsikan Anda adalah orang yang awam dengan bahan sticker. Dan Anda ingin membuka usaha sticker ini dengan modal yang terbatas. Artinya Anda harus benar benar bisa menghemat anggaran agar barang yang dibeli bisa diputar dengan cepat. Saya mengesampingkan pembahasan tentang sticker cutting. Secara singkat, jika Anda berjualan sticker kakilima atau kios kecil, koleksi sticker cutting harus ada. Pilihlah desain desain yang lagi ngetrend, seperti desain otomotif atau sticker sticker lucu yang tak cepat ketinggalan zaman. Silakan ke toko grosir cutting sticker dan tanyalah kepada pedagangnya.

Soal bahan, Anda bisa membeli vinyl yang ukurannya lebar 15 centimeter dengan panjang 15 meter. Ini ukuran satu rol atau satu gulung. Mereknya banyak, diantaranya Profix, Goodfix, Sunfix, Seichofix atau DCfix. Untuk warnanya, harus ada warna hitam glossy (agak mengkilap dan licin permukaannya) dan doff atau matte (permukaanny agak kasar dan kadang disebut sticker kabut). Warna ini paling cepat habis dan paling banyak diminta konsumen. Kemudian warna merah glossy dan matte, kuning glossy dan matte, biru glossy dan matte, oranye glossy dan matte, putih glossy dan matte, pink atau merah muda glossy dan matte. Per rolnya, saya ambil harga perkiraan tertinggi di luar Jawa Rp150.000 an.

Kedua, bahan dengan ukuran sama jenis transparan atau tembus pandang. Ini banyak diminta konsumen untuk menutup lampu, speedometer. Pilih yang warnanya paling pekat, lalu warna agak pekat. Harganya hampir sama, tertinggi berkisar Rp150.000 an per rol. Selanjutnya bahan sticker carbon yang memiliki pola garis garis kecil seperti anyaman di permukaannya, harganya per rol plus minus Rp300.000 an. Semua bahan yang saya sebutkan di atas bisa Anda gunakan untuk wrapping (membungkus) bidang kendaraan yang tak terlalu lebar seperti sepeda motor. Bisa juga untuk membuat tulisan menu di gerobak para pedagang kakilima, tulisan nama rumah makan, papan nama yang tidak dipasang di luar, terkena panas dan hujan.

Jika Anda menginginkan bahan sticker yang bisa digunakan untuk sepeda motor juga mobil dan tulisan papan nama dengan daya tahan lebih lama silakan lengkapi dengan bahan sticker kualitas bagus dengan ukuran per rol lebar 126 centimeter x 50 meter. Mereknya beragam, ada Oracal, Macal, Kiwalite, 3M, Avery, Arlon, Teckwrap, Hexis. Di Indonesia yang lagi naik daun adalah Oracal, untuk kualitas biasa (intermediate cal) ialah seri 651. Ia memiliki jenis glossy dan matte. Harga per rol berkisar Rp2.350.000. Anda bisa membeli per meter. Dengan lebar 126 centimeter, bahan bisa digunakan untuk membungkus full body mobil. Daya tahannya menurut data teknisnya tiga tahunan.

Perbedaan bahan murah dan mahal selain daya tahan warnanya juga sifatnya saat digunakan untuk menutupi bagian bagian kendaraan yang ekstrem, seperti cekungan atau lengkungan yang membutuhkan elsatisitas bahan yang tinggi. Karena bahan akan dipaksa memuai dengan bantuan heatgun (alat pemanas) yang panasnya bisa disesuaikan.

Untuk mengisi bahan dengan ukuran yang hampir sama, namun harganya lebih murah, produk Tiongkok seperti Seichofix dan Profix mengembangkan ukuran namun lebih lebar yakni 135 centimeter x 30 meter. Produk ini dinamakan Seichocal dan Procal. Meski lebih lebar namun kualitasnya masih jauh di bawah merek merek Eropa. Khusus untuk warna putih glossy dan matte, hitam glossy dan matte jika Oracal terlalu mahal dan tidak ingin menggunakan Seichocal/Procal Anda bisa membeli Asahi. Ukuran per rolnya lebih panjang, yakni 126 centimeter x 100 meter, harganya jauh di bawah Oracal. Namun Asahi memiliki kelemahan, jika dipaksa memuai terlalu melar warnanya agak memutih.

Sedangkan jika ingin menggunakan carbon ukuran lebar Oracal dan teman temannya juga membuat ukuran standar mereka yakni lebar 126 centimeter. Ada juga yang lebarnya 150 centimeter seperti merek DG dan Oyama. Demikian uraian singkat saya, semoga bisa membantu teman teman yang ingin memulai usaha sticker namun bingung apa yang mau dibelinya.

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s