Mengakali Sticker Agar Mudah Dilepas

Ada banyak teknik memasang sticker di media media tertentu yang membutuhkan perhatian tukang sticker seperti saya. Bayangkan saja yang datang ke bengkel usaha sticker Anda adalah orang yang baru pertama memiliki mobil, sehingga ia terlihat sangat hati hati memperlakukan kendaraannya. Ia akan bertanya adakah sticker yang bisa menyala jika kena sinar tetapi gampang melepasnya jika ia ingin ganti sticker.

lapis

Sama2 lapis, yang ini makanan hehe

Bagi orang sticker, bahan yang diinginkan si juragan muda pasti bisa ditebak, yaitu scothlite atau disebut juga reflective. Bahan ini memang dibuat dari bahan yang mengandung zat zat pemendar cahaya, seperti fosfor, jadi ia akan memendarkan cahaya jika tersorot cahaya saat malam atau gelap. Namun jika permintaan keduanya langsung kita iyakan, harus dipikir lagi. Memang tak ada salahnya memasang sticker jenis scothlite langsung ke media seperti bodi atau kaca mobil.

Persoalannya, bagaimana jika pemilik mobil yang masuk ke bengkel usaha sticker Anda ternyata benar benar penggemar berat sticker cutting? Ia akan update terus menerus mengenai perkembangan sticker di berbagai dunia. Ia tak akan sayang mengeluarkan biaya demi hobinya memasang cutting sticker. Seperti saya ketahui, bahan jenis scothlite memiliki banyak ragam. Ada bahan yang berasal dari luar China, seperti Oralite, 3M, Kiwalite, kualitasnya sangat bisa diandalkan.

Bukan itu saja, bahan bahan tersebut lebih gampang dikelupas dibandingkan scothlite buatan Tiongkok, seperti merek Ablast, Prolite, Seicholite, XLite, Goodlite, Decolite, Asahi, Transign. Scothlite buatan Tiongkok memiliki lapisan sticker yang lebih tipis dibandingkan 3M, Kiwalite dan sejenisnya. Bahkan baru baru ini ada produk baru scothlite yang tipisnya luar biasa. Saking tipisnya, untuk membuat sticker cutting lebih satu warna dengan bahan ini terasa betul rumitnya. Jika Anda pasang di kaca atau bodi mobil, dijamin langsung lengket. Dan…. Anda akan kesulitan saat melepasnya nanti. Iya sih ada caranya, dipansakan dengan heatgun lalu dikerok pakai rakel, sisa lemnya pakai minyak kayu putih atau obat khusus. Namun tetap saja ribet.

Nah, saya hampir setiap saat menghadapi pertanyaan seputar bagaimana melepas stickernya nanti, susah atau mudah? Maklum, untuk scothlite saya memang lebih banyak memiliki stok buatan Tiongkok ketimbang yang bagus bagus. Yang berkualitas biasanya saya order ketika ada permintaan dari company besar seperti bank atau BUMN. Kalau untuk warga kebanyakan, mintanya yang agak murah tetapi tetap bisa berpendar.

Ya sudah saya akali. Saya rasa yanng saya lakukan juga banyak dilakukan oleh teman teman pelaku usaha cutting sticker yang lain. Yakni memberi lapisan bahan sticker vinyl baru ditumpuk bahan scothlite tadi. Ketebalan bahan sticker vinyl juga berbeda beda, ada yang tebal sehingga kurang cocok digunakan, ada yang sedang dan tipis. Gunakan saja yang tipis agar tak terlalu terlihat timbul, karena sticker yang kita buat jadinya tumpuk dua lapis. Bawah vinyl, di atasnya scothlite.

Bahan sticker vinyl gampang diangkat atau dikelupas jika suatau saat stickernya akan dilepas atau diganti yang baru. Bahan yang bagus tak meninggalkan residu atau sisa lem. Namun jika bahan melekat terlalu lama, meski bagus, ada kecenderungan tetap menyisakan ampas meski tak sebanyak bahan yang kualitasnya jelek.

Dengan melapisi scothlite menggunakan bahan vinyl, pemilik kendaraan akan senang melepas stickernya sendiri tanpa harus datang ke tempat kita. Tetapi sebelum kita melakukan tips tadi, ada baiknya kita berdiskusi dengan konsumen. Biasanya sih, ini biasanya, mereka akan setuju.

Semoga bermanfaat…. salam cutting sticker

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s