Pasang Sticker Melengkung Tanpa Masking Tape (DIY)

Cutting sticker identik dengan masking tape. Ibarat orang sedang jatuh cinta, cutting stickernya itu kumbang, masking tapenya bunga. Tanpa bunga, apakah kumbang akan mati? Mungkin iya, tetapi tanpa masking tape apakah pemasangan cutting sticker akan dibatalkan? Uang masuk Mas Bro hehehehe, mari kita gunakan trik sederhana agar sticker cutting tetap terpasang meski masking tape lagi habis. Atau memang tak ingin menggunakan masking tape.

Salah satu bentuk tulisan cutting sticker melengkung yang sering saya pasang ialah pesanan rumah makan Padang. Tetapi rumah makan atau nama untuk gerobak yang bukan Padang pun banyak juga yang menggunakan tipe melengkung. Cuma untuk rumah makan Padang ukurannya biasanya lebih besar karena etalese makanannya juga raksasa hehe. Biar gampang, saya berikan contoh rumah makan saya namanya MAS NOENG. Bolehlah ya sesekali nama saya juga dijadikan gambar panduan atau tutorial. Yang protes silakan isi kolom komentar di bawah ini, gratis kok. Kwkwkwkwk.

Mari kita mulai saudara saudara satu profesi. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

Gambar 1

Gambar 1

1. Potong backing paper mengikuti tepi huruf atau tulisan. Lebihkan satu atau dua centimeter. Tetapi kalau ingin mencoba dipotong mepet dengan tepi huruf bagian atas dan bawah juga tak apa apa. Meski ada spasi di antara dua kata atau lebih, potong saja membentuk oval. Potong dengan cutting saja, tak usah rapi rapi. Lihat gambar 1.

Gambar 2

Gambar 2

2. Minta teman untuk memegang satu sisi sticker cutting yang akan dipasang. Jangan terlalu banyak orang, nanti ongkosnya tak cukup hehe. Cukup satu orang saja, tak butuh banyak biaya. Paling juga traktir nasi Padang dan sebungkus rokok dan segelas minuman hehe. Jangan pelit pelit ah, kawan. Jika yakin posisinya sudah lurus, gunakan potongan potongan bahan sticker seperti terlihat pada gambar 2. Usahakan menempelkannya lurus secara vertikal dan mengenai bagian huruf serta media yang akan dipasang sticker. Meski huruf hurufnya miring mengikuti pola lengkungan, pasang potongan bahan stickernya tetap lurus secara vertikal. Gunanya agar huruf huruf menggantung ke bawah secara sempurna.

Gambar 3

Gambar 3

 

3. Dengan gunting atau pisau cutter, potong per huruf, boleh sampai lepas atau sisakan bagian atas sedikit. Hati hati, jangan sampai cara memotongnya serampangan sehingga merusak atau menggores media yang ada di belakangnya. Jika yang akan dipasang medianya kaca tak jadi masalah. Permukaan kaca yang licin tak akan terlukai oleh ujung pisau cutter. Justru yang paling bahaya jika yang pasang sticker tengah terluka hatinya karena cinta. Waduh, bisa porak poranda nanti pasang cutting stickernya. Lho, kok malah bicara soal cinta. Cekidot, lihat saja gambar 3.

Gambar 4

Gambar 4

4. Saya ambil huruf M sebagai awal pasang cutting stickernya. Anda boleh dari depan atau belakang. Atau kalau mau keroyokan ayo ke lapangan. Lah… bukannya pasang cutting sticker malah berantem hahaha. Karena bagian bawah tidak dilengketkan dengan potongan bahan sticker, akan mudah memotong separoh atau dua pertiga backing papernya. Usahakan memotongnya dengan gunting atau pisau cutter, biar potongannya rapi. Sebab, jika disobek begitu saja kadang ada potongan bahan yang tidak rata dan bisa terjepit dan hasilnya sticker tak terpasang rapi. Ada benjolan yang akan mengganggu pemandangan. Lihat gambar 4. Sekarang hufuf M kita sudah menempel dua pertiganya di kaca, tinggal bagian atasnya.

Gambar 5

Gambar 5

5. Pada gambar 5, lihat baik baik. Amati dengan seksama. Amati terus, terus, terus dan lihatlah apa yang Anda lihat? Hahahaha…. malah seperti sulap ya. Lepaskan potongan sticker yang ada di bagian atas huruf M. Lepaskan juga backing papernya yang tersisa. Lalu tempelkan bagian atas huruf M ke kaca. Nah, huruf M sudah menempel dengan sempurna di medianya.

Gambar 6

Gambar 6

 

6. Terakhir ialah menyelesaikan huruf huruf lain yang tersisa. Prosesnya sama dengan pemasangan huruf M tadi. Jangan tinggalkan pekerjaan sebelum rampung semua kawan. Oha ya, kalau bisa gunakan bahan sticker yang daya rekatnya kuat sebagai alat bantuan menempelkan bagian atas huruf ke media. Sebab daya rekat potongan sticker ini sangat penting untuk menjaga posisi huruf demi huruf tetap simetris. Sesuai pola yang ada di desain.

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat… salam cutting sticker.

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s