Cara Wrapping Spion Mobil Sendiri (DIY)

mirrorSetelah beberapa hari tak memposting artikel tentang cutting sticker, rasanya tangan saya sudah gatal hehe. Maklum, ponsel tempat saya selama ini berteman hilang. Padahal di handphone itulah semua data, termasuk nomor ratusan teman saya dari luar provinsi tersimpan. Belum nomor nomor rekening pelanggan. Tapi ngeblog must go on ya guys hehe. Alhamdulillah masih tetap semangat.

Postingan kali ini tentang cara wrapping spion mobil. Jika Anda mendapatkan order full car body wrapping, tentunya tangkai spion juga harus diwraping, kan? Meski bagian ini kecil, justru membutuhkan teknik yang matang. Bukan berarti yang baru memulai usaha sticker tak bisa melakukannya. Itulah sebabnya postingan ini saya kategorikan bisa dikerjakan sendiri atau Do It Yourself (DIY).

Oke, pertama ambil bahan sticker, ukur lebarnya kira kira bisa menutupi seluruh batok belakang kaca spion serta tangkainya. Ingat, wrapping kaca spion bukan berarti bagian sampingnya, tetapi ada bagian yang harus ditekuk ke dalam sehingga usahakan ukuran bahan sticker agak lebar. Jangan pelit pelit amat ah, toh harga wrapping sudah disesuaikan dengan bahan yang dihabiskan, bukan?

Selanjutnya, panaskan bahan sticker tersebut dengan heatgun. Usahakan merata panasnya agar bahan memuai. Agak ditarik juga tak apa apa, karena justru kita membutuhkan bahan sticker yang mudah ditarik tarik. Minta tolong teman untuk memegang sisi bahan, satu tangan Anda memegang sisi satunya, lalu mainkan heatgun dengan tangan Anda yang tersisa. Baru terasa benar kan bahwa dua tangan Anda adalah pasangan yang saling membutuhkan. So, jaga tangan tangan kita guys hehe. Awas, panas heatgun jangan sampai membuat bahan sticker berlubang.

Kemudian, telangkupkan bahan sticker tadi ke batok kaca spion. Karena bentuknya yang cembung, ambil bagian atas sisi belakang kaca. Lalu ratakan bagian itu. Pekejaan masih terasa mudah, karena bahan yang dipanaskan akan mudah mengikuti bidang melengkung tadi. Setelah setengah bagian cembung yang atas tertutupi, separuh batok bagian bawah pasti menyisakan bahan sticker yang berkerut kerut. Jangan khawatir, ambil kembali heatgun lalu dengan hati hati panaskan. Tempel sedikit demi sedikit. Jaga kerutannya agar bisa rata.

Yang termasuk bagian sulit di pekerjaan ini ialah meratakan sudut batok dengan tangkai kaca spion. Pasti bahan berkerut. Untuk itu, gunakan rakel yang lembut untuk membantu meratakannya. Hati hati, fokus pada bagian tersebut. Jika bagian ini sukses Anda kerjakan, tinggal menyelesaikan sisanya bagian dalam. Lalu potong pada tangkai kaca spion dengan pisau cutter.

Selesai? Belum. Masih ada yang harus dikerjakan yaitu mengatur bahan sticker di sisi lingkaran tepi kaca spion yang bersentuhan dengan kaca spionnya. Bentuknya yang melingkar tidak semudah meratakannya pada bagian datar itu pasti. Ambil lagi heatgun, panaskan sedikit sedikit lalu lipat ke dalam, ke arah kaca spion. Sisa bahan yang berkerut akan menghalangi pekerjaan Anda. Untuk itu potong saja sehingga menyisakan satu sampai dua centimeter. Sisa bahan pada ujung yang tak terlalu lebar memudahkan pemasangan yang sempurna.

Lipat, tempelkan dengan rapi pada bodi cekungan kaca spion. Gunakan rakel untuk sudut antara bahan sticker dan tepi kaca spion. Terakhir, potong pada pertemuan tepi kaca spion dan bahan sticker. Jangan ragu ragu, ikuti saja alurnya sehingga bahan terpotong sempurna. Selesai sudah.

Untuk memberikan gambaran secara visual, silakan lihat video tutorial di bawah ini:

Semoga aryikel ini membantu… salam cutting sticker.

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s