Mengapa Mesin Cutting Tak Bereaksi?

Menghubungkan mesin cutting stiker dengan komputer kadang susah-susah mudah. Pengalaman saya dengan dua buah mesin cutting China, persoalannya hampir sama: di koneksi portnya. Dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk mengonfigurasinya sehingga perintah yang kita berikan di software bawaan mesin tak mampu dibaca mesin. Alhasil, jarum cutting tetap diam saja.

Ada software untuk proses cutting yang membutuhkan setup saat pertama digunakan. Salah satu yang harus diisi adalah port mesin cutting yang kita gunakan. Kalau berdasarkan keyakinan saja sepertinya belum cukup untuk menentukan apakah pilihan centang di listing port akan membuat mesin bekerja. Cara paling mudah melihat di port manakah mesin cutting kita tersambung kabelnya, saya mendapatkan ilmu yang bisa jadi bagi orang lain sangat kecil tetapi bagi saya sungguh berarti.

Suatu ketika saya bingung di port mana mesin cutting yang baru saya beli tersambung. Ada tiga port, masing-masing untuk printer, satu untuk mesin cutting kecil, satu lagi untuk mesin cutting besar yang baru saya instal drivernya. Oleh teman saya, saya diminta cabut saja kabel mesin cutting saya yang baru, nanti kan terlihat port mana yang daftarnya hilang. Benar juga, akhirnya sata tahu port mesin cutting baru saya di port berapa.

Gunanya, ketika kita mengisi setup software cutting maka kita bisa dengan yakin memilih port yang benar. Jika sudah benar, silakan cutting stiker anda sepuasnya.

Sebagai gambaran, ada baiknya Anda download pemaparan yangpernah saya baca untuk lebih memahami masalah di atas. Klik di sini

6 Komentar

Filed under Penting Dibaca

6 responses to “Mengapa Mesin Cutting Tak Bereaksi?

  1. gmn gan cara menghubungkan kabel line yg tidak terbaca oleh mesin stiker ke komputer…. alhasil setiap di conect tidak ada respon dan tombol yang aktif tidak nampak … gmn gan solusinya

    • Coba cek portnya sudah benar atau belum. Bisa dicek via device manager

      • ded'z art

        gan apa penyebab mesin cutting mati mendadak saat meng cutting agak lama..??

      • Selamat malam ded, coba instal ulang usb drivernya. Atau sebelum menginstal ulang, usahakan jangan terlalu memberikan beban yang berat pada mesin cutting, karena mesin cutting juga memiliki penyimpan memori namun kapasitasnya terbatas. Misalnya Anda mau memotong empar meter, coba berikan perintah untuk dua meter dulu, baru dilanjutkan setelah proses pertama selesai. Semoga membantu

  2. yuli setiawan

    mengapa jarum cutting saya tidak mau bergerak memotong bahan

    • Malam mas Yuli. Cek kabel kabelnya, baca dg teliti cara instal mesinnya di komputer, apakah portnya sudah benar? Bisa dicek lewat device manager…

Tinggalkan komentar

