Mengoptimalkan Mesin Cutting Sticker

Sebagai Lumbung Uang Memiliki mesin cutting stiker adalah sebuah kesempatan dan salah satu jalan menggapai kesuksesan. Namun, untuk menggapai kesuksesan itu para pemilik mesin cutting stiker harus mau belajar keras dan selalu mencoba hal-hal baru dan produk baru apa yang bisa dikerjakan dengan mesin cutting stiker. Selain tidak malu bertanya dengan mbah google dan pakde youtube, rajin-rajinlah selalu memeras otak agar kreatifitas selalu muncul.

Bagi para pemilik mesin cutting stiker, saya mencoba membagi sedikit ilmu yang dianugerahkan Tuhan kepada saya yaitu Cara Mengoptimalkan Mesin Cutting Stiker Sebagai Lumbung Duit. Sesuaidengan namanya yaitu mesin cutting stiker, selain untuk memproduksi cutting stiker baik itu berupa logo, gambar maupun lettering dengan bahan yang berpendar atau tidak untuk kendaraan baik roda dua maupun lebih, mesin cutting stiker juga di optimalkan untuk:

1. Membuat motif pada kaca rumah atau kantor menggunakan sandblasting film. Sandblasting film adalah jenis stiker yang khusus dibuat untuk kaca. Bila jaman bauhela, orang menggunakan pasir yang disemprotkan ke kaca untuk menimbulkan efek buram, maka saat ini kaca tak perlu lagi dilukai dengan pasir. Karena melukai kaca dengan pasir hanya akan menimbulkan kerapuhan pada kaca. Dengan suhu siang yang panas dan malam yang dingin, maka partikel pada kaca akan mengembang dan mengkerut. Akibatnya, dalam kurun waktu yang lama, kaca mudah retak bila terkena sedikit benturan. Tapi, dengan sandblasting film, kaca tak perlu lagi dilukai. Selain itu, bila kaca terkena benturan dan terpaksa pecah, pecahan kaca tidak berserakan di lantai rumah yang dapat membahayakan putra-putri kita. Ada 2 cara membuat motif dengan sandblasting film.

Pertama, memotong motif sesuai pola yang diinginkan menggunakan mesin cutting stiker sebelum sandblasting film di lekatkan pada kaca ( dengan cara ini mesin cutting stiker yang digunakan adalah Roland-Ghraptec atau Mimaki- Triump).

Dan yang ke dua mesin cutting hanya untuk menggambar motif yang dikehendaki, sedangkan pemotongan sandblastimg film menggunakan pisau cutter setelah sandblasting film di lekatkan di kaca ( bisa juga menggunakan mesin cutting buatan China misalnya PC CUT-SUDA-SUMA-REDSAIL-PCUT_COPAM-JINKA_CUT dll). Bila menggunakan mesin cutting china hanya untuk menggambar motif, selalu gunakan spidol kecil warna merah, hitam atau biru. Jangan menggunakan pena tinta pekat, karena dengan pena tinta pekat akan sulit menghapus beks tinta pada sandblasting film. Setelah gambar atau motif jadi, kaca yang sebelumnya sudah dibersihkan dari kotoran, dibasahi dengan air dicampur shampoo bayi. ( 1 gelas air dicapur 4 tetes shampo bayi ).

Setelah itu, lepaskan sandblasting film dari kertasnya dan bagian sandblast film yang berperekat dibasahi juga. ( Ingat, jangan sampai air mengenai pola atau motif yang sudah tergambar pada sandblasting film, karena motif bisa hilang terkena air). Segera tempelkan pada kaca dan atur tata letaknya.

Langkah selanjutnya adalah mengambil plastic bening dan letakkan di atas sandblasting film. Bila sudah rapi, ambil rakel atau squeeze dan sapu air dari kaca. (Penggunaan plastik bening untuk menjaga agar gambar tidak hilang ketika air di sapu dari kaca). Tunggu sekitar 15 menit dan gambar bisa di potong menggunakan pisau cutter. Saat ini adalah masa booming bagi sandblasting film, karena kecenderungan masyarakat menggandrungi model rumah minimalis. Rumah bergaya minimalis biasanya menggunakan kaca bening. Dan pasar sandblasting film salah satunya adalah rumah bergaya minimalis. Sandblasting film juga bisa digabung dengan stiker yang berpendar. Misalnya, sebuah kantor minta kaca pintu depan di lapis blok dengan sandblasting film, tapi mereka minta nama dan logo kantor di buat dari stiker berpendar dan ditempelkan di kaca tersebut.

Bagaimana caranya? Hal itu sangat mudah. Langkah awal adalah memotong bahan siker berpendar dengan mesin cutting. Setelah dibuang yang tak perlu, tulisan atau logo yang sudah jadi segera dimasking. Seperti langkah di atas, hanya saja stiker yang sudah dimasking dilepas dari dasarannya/kertas pelapis perekat kemudian bagian stiker yang berperekat di tempelkan di bahan sandblasting film yang berperekat. ( Jangan lupa membasahinya dengan air). Dengan cara ini agak rumit melepas masking, namun dengan percobaan yang berulang-ulang, Anda akan tahu celah-celahnya. Hasilnya, setelah sandblasting fil ditempel di kaca, maka tulisan/logo institusi dapat dilihat dengan jelas. Sekarang tergantung Anda bagaimana memasarkan karya Anda kepada masyarakat. 2. Membuat prasasti logo atau nama institusi baik swasta maupun pemerintah dengan kaca bening atau acrylic. Membuat prasasti ada dua jenis, yaitu lampunya di luar prasasti dan di dalam prasasti Saat ini, terutama di Jawa Tengah bagian utara, institusi swasta maupun pemerintah sedang demam membuat prasasti nama institusi menggunakan bahan stiker berpendar dan bahan stiker biasa seperti DC FIX-ProFIX-SEICHOFIX dll.

Cat agaknya mulai ditinggalkan. Menggunakan cat, selain kurang tahan lama, juga terkesan kuno dan gagap teknologi alias gaptek. Trus bagaimana cara membuatnya ? Langkah pertama tentu menyiapkan bangunan prasasti menggunakan batu bata, semen dan pasir. Ukuran, tergantung keinginan konsumen. Yang pasti di bangunan prasasti bagian depan, diratakan sesuai ukuran kaca yang akan dijadikan pelapis prasasti. Ingat harus benar-benar rata memplesternya agar kaca bisa diletakkan dengan pas. (Jangan lupa menyelipkan kabel berkwalitas bagus untuk jaringan lampu penerang prasasti).

Setelah bangunan prasasti selesai diratakan, potong bahan stiker sejenis DC FIX-Profix dll sesuai tulisan yang dipesan mengunakan mesin cutting. (Ingat! Setting MIRROR di mesin cutting saat memotong huruf). Langkah selanjutnya menempel stiker pada kaca. Setelah semua tulisan terpasang rapi, kaca dicat dengan PILOX . Warnanya terserah konsumen. Nah, sekarang tinggal memasang kaca yang sudah bertuliskan nama isntitusi ke bangunan prasasti bagian depan. Agar kaca tidak jatuh, beberapa tehnik bisa digunakan. Menggunakan rel kaca bisa, menggunakan alumunium pengunci juga bisa. Langkah terakhir, memasang lampu taman penerang prasasti Bila ingin lampu diletakkan di dalam, tentu harus memodifikasi bangunan prasasti agar lampu bisa diletakkan di belakang kaca atau acrylic bening. Dan jangan lupa harus ada pintu/jendela pada bangunan prasasti untuk mengganti lampu sekiranya lampu mati. Di sini, kreativitas Anda di tuntut.

3. Background pelaminan menggunakan bahan acrylic dan bahan sandblasting film.

4. Ucapan selamat pelantikan pejabat atau grand opening toko atau perusahaan menggunakan acrylic, sandblasting film/ bahan stiker berpendar dipadu dengan bunga-bunga kain/plastic. Sekarang jadi tahu cara mengoptimalkan mesin cutting stiker Anda sebagai lumbung uang, kan. Selamat mencoba. Tutorial selengkapnya, bisa Anda dapatkan bersama PAKET MESIN CUTTING PLUS-PLUS.

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s