Menempel Stiker Berukuran Besar di Kaca Mobil

Menempel stiker cutting dengan bahan kiwalite atau seicholite atau ablaz, prolite , rexlite atau x-lite berukuran besar pada kaca mobil meski kelihatan sederhana , namun dalam prakteknya sangatlah sulit. Teorinya, sebelum ditempel stiker yang berpendar saat terkena sorot lampu, kaca mobil terlebih dahulu dibersihkan dari debu atau benda asing yang menempel pada kaca. Setelah itu, kaca mobil dibasahi dengan air dicampur dengan shampo bayi. Langkah selanjutnya adalah, stiker dilepas dari pelapisnya. Bagian stiker yang mengandung lem/ perekat juga dibasahi dengan air campuran shampoo dan segera ditempelkan ke kaca mobil.

Maksud penggunaan air campuran shampoo agar stiker bisa digeser untuk menentukan kelurusan atau tinggi rendahnya stiker. Kemudian stiker yang sudah menempel pada kaca mobil di gesek dengan squeeze ( alat khusus untuk mengikis air pada pemasangan stiker atau kaca film ). Sayangnya, saat masking diangkat, seringkali stikernya tidak mau menempel di kaca mobil dan ikut terangkat bersama masking. Bila dipaksakan, biasanya beberapa bagian stiker akan sobek. Akibatnya, stiker kelihatan kurang bagus penampilannya. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa trik yang bisa dicoba.

Pertama : Jalankan langkah pemasangan stiker seperti biasa, namun harus di bawah terik sinar matahari, agar lapisan air yang berada diantara masking dan kaca mobil cepat menguap.

Kedua : Kaca mobil dibasahi dengan air shampoo, tapi permukaan stiker yang mengandung lem/perekat jangan dibasahi. Dalam pemasangan ini, stiker tidak boleh langsung di tempel pada kaca mobil. Caranya, cari garis tengah stiker. Misalnya, bila ukuran panjang stiker 1 meter, maka garis tengahnya adalah 50 cm. Dengan hati-hati, potong pelapis kertas pada stiker dengan gunting. Ingat! Hanya pelapisnya dan bukan stiker dan maskingnya. Setelah terpotong, tempelkan stiker pada kaca mobil dan atur tata letaknya. Bila dirasa sudah pas sesuai keinginan, masing-masing ujung stiker dan bagian tengah stiker yang pelapisnya sudah dipotong di lakban. Khusus bagian tengah, pamasangan lakban tidak boleh menutup bagian yang sudah dipotong. Bila sudah, angkat lakban pada ujung satunya, lepas pelapisnya dari bagian tengah yang sudah di potong, kemudian basahi kaca mobil. Langkah selanjutnya, basahi masking stiker yang sudah dilepas pelapisnya itu ( bukan bagian stiker yang mengandung lem). Kemudian, dari bagian tengah, tempel masking pelan-pelan dan hati-hati menggunakan squeeze atau rakel. Bila sudah selesai, perlakuan serupa juga diterapkan pada ujung satunya.

Ketiga : Sama dengan trik kedua, tapi menggunakan air biasa tanpa dicampur shampo. Dan yang harus diingat, dalam trik ketiga ini, baik kaca mobil maupun dibasahi dengan air. ( Saya sarankan Anda membuka YOUTUBE : How to apply wall decal ). SELAMAT MENCOBA! Salam moeroep…………….

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s