Tehnik Memotong DC Fix, hologram dan vinyl

Memiliki mesin cutting bukan berarti kita bisa langsung memotong design atau gambar yang ada pada vinyl. Diperlukan tehnik tersendiri agar hasil potongan bagus dan dalam proses pemotongan tidak terdapat kerusakan. Sayangnya, tehnik tersebut tidak akan pernah ada di dalam buku petunjuk bawaan mesin atau buku tentang cutting sticker yang ada di toko buku. Tehnik ini saya peroleh melalui proses yang panjang, yaitu setelah puluhan kali gagal saat mencoba bahan baru yang akan di cutting.

Nah…..kali ini saya berbaik hati memberikan tips dan trik memotong design gambar pada bahan yang berbeda. Pertama cara memotong bahan DCfix. Dulu saya diberitahu teman-teman saya bahwa DCfix tidak bisa dipotong dengan mesin cutting, makanya para pemain sticker kakilima menggunakan pisau cutter biasa. Namun, bukan metro sticker kalau terus berhenti berimprovisasi. Pada percobaan pertama, saya gagal total. DCfix yang saya potong terkoyak dan sobek-sobek. Saat itu, kecepatan mesin saya set di angka 70 dan tekanan pisau di angka 60.

Kuulangi lagi dengan kecepatan dan tekanan pisau yang berbeda. Rupanya, untuk memotong DCfix kecepatan yang dipakai adalah 50 sementara tekanan jarum tidak boleh kurang dari 110. Baru design gambar HULK yang rumit bisa saya potong dengan rapi dan mengangumkan. Tapi jangan lupa, saat pemotongan dua telapak tangan kita harus menepel terus di bahan, gunanya membantu menarik dan mendorong DCfix saat dipotong. Maklum, sodare-sodare tahu DCfix alotnya minya ampun. Satu lagi, pasang pisau cutting berjarak 1 cm dari tepian DCfix.

Yang kedua menggunakan vinyl hologram. Itu tuh…bahan yang mengkilap dan bila tersinari matahari memendarkan cahaya pelangi. Perlakuakn pada bahan yang keras kaya alumunium ini juga khusus agar potongan rapiiii. Gunakan kecepatan 50 dan tekanan pisau 50. Pasti aman.

Yang ketiga, bukan promosi produk tertentu lho. Metro stocker sudah mencoba decolite, rexlite,transign, ritrama dll, yang paling oce punya adalah seicholite. Kelebihannya dari bahan lain, pisau cuttiing tidak perlu bekerja keras, perekat vinyl juga tidak terlalu lekat-lekat amat dan pendaraannya juga silau man. Bila menggunakan seicholite, tekanan pisau 50 dan kecepatan 70 untuk huruf tinggi 3 mm dan lebar 2 mm hasilnya masih oke. Kesemua itu, bila salah satu syaratnya terpenuhi yaitu mata pisau cutting masih baru atawa belon tumpul.

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s