Motif Tribal dan Animal jadi Trend

Tren modifikasi mobil memang terus berkembang, tidak hanya modifikasi mesin ataupun body, sekarang modifikasi stiker mobil pun banyak diminati. Tidak heran karena dengan menepel stiker di mobil, akan memunculkan kesan tersendiri terhadap mobil. Tentu kesan tersebut muncul dari pilihan desain stiker yang dikehandaki pemilik mobil. Ingin kesan sporty, garang, atau pun feminim tinggal pilih desain dan warna stiker yang cocok.

Untuk sekarang ini motif stiker yang banyak diminati adalah motif tribal dan animal. Hal itu diungkapkan oleh Hardjo Susanto, pemilik Rainbow, pusat stiker dan bahan stiker yang berada di Jl. MT Haryono. Menurutnya, untuk motif tribal dan animal sendiri banyak variasinya, terserah pembeli mau memilih vasiasi yang mana. “Motif tribal dan animal desainnya berupa gabungan. Ada yang desainnya berbentuk elang dengan latar belakang nyala api,” jelas Hardjo Susanto.

Proses pembuatan stiker sendiri tidaklah rumit. Pelanggan bisa membawa desain atau rancangan desainnya sendiri, tapi bisa juga sekalian pesan desain. Jika desain selesai, maka selanjutnya adalah proses produksi pembuatan striker di mesin produksi. Setelah itu stiker siap dipasang di mobil sesuai dengan bentuk desainnya. Proses yang dibutuhkan untuk semua itu sekitar 3 hari sampi seminggu, tergantung desainnya.

“Di sini ada dua macam stiker, yaitu stiker cutting dan printing. Stiker cutting lebih ke seni memotong bahan stiker. Karena itu stiker cutting menggunakan warna yang solid atau warna asli striker tersebut. Sedangkan stiker printing lebih ke seni desain gambar, karena stiker printing berupa hasil printing dari gambar yang didesain,” papar Hardjo Susanto.

Selain cutting dan printing ada jenis stiker lainnya yaitu one way vision, stiker ini sebenarnya variasi dari stiker printing tapi berbeda media dan fungsinya. One way vision biasanya ditempel di kaca mobil, sesuai dengan namanya jika ditempel one way vision maka kaca hanya bisa tembus pandang dari dalam mobil sedangkan dari luar mobil tidak bisa melihat yang di dalam mobil.

“One way vision biasanya digunakan untuk media promosi. Banyak produk-produk yang menggunakan one way vision sebagai media promosi. Selain itu banyak juga perserta pilkada ataupu pilgub yang menggunakannya. Jika melihat stiker kaca yang berlubang-lubang kecil, itulah one way vision,” jelas Hardjo Susanto.

Untuk daya tahan stiker relatif bertahan lama, untuk stiker cutting misalnya mampu bertahan 5 tahun lebih. Sedangkan untuk stiker printing daya tahannya 1,5 tahun lebih. Jika ingin lebih bertahan lama bisa menggunakan pelapis. Sedangkan untuk kelekatannya, anda juga tidak perlu kuatir, karena sekarang sebagian besar stiker telah menggunakan lem kering. Dengan lem kering stiker tidak akan lengket dengan cat body sehingga tidak akan merusak cat jika dilepas dari body.

Harga stiker pun relatif terjangkau, untuk stiker cutting satu warna antara Rp 300 – 500 ribu, tergantung dari luas stiker. Sedangkan untuk full colour kisaran harga Rp 1,2 – 1,5 juta. Untuk one way vision harga sekitar Rp 170 ribu tergantung dari luas medianya. “Biasanya pesanan stiker mobil meningkat ketika ada perlombaan, sekali even biasanya sampai empat mobil yang pasang stiker di sini. Untuk hari-hari biasa setidaknya dalam seminggu satu sampai dua mobil,” jelas Hardjo Susanto.

sumber: simpang5

Tinggalkan komentar

Filed under Penting Dibaca

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s