Pasang Stiker Mobil Sendiri

Anda bisa kok memasang stiker di mobil anda. Caranya cukup mudah, yang pertama harus ada dalam hati anda adalah keyakinan: saya pasti bisa! Sekadar tahu, vinyl sebagai bahan dasar stiker memiliki tiga lapisan: paling atas adalah masking tape, di bawahnya adalah lapisan decal yang akan menempel pada bodi mobil dengan lapisan lem khusus, lapisan terakhir adalah kertas pelindung lem.

Yang anda butuhkan:
1. Stiker : bisa anda dapatkan di kios stiker atau penjual eceran tepi jalan.
2. Sprayer atau penyemprot
3. Buat campuran satu sendok teh sabun dengan satu galon air lalu tuangkan ke sprayer.
4. Gulungan handuk kertas
5. Rakel

Nah, perhatikan yang ini:
Bersihkan permukaan yang hendak dipasangi stiker, terutama dari lapisan minyak atau debu. Gunakan handuk kertas atau kain yang halus dan tidak menimbulkan goresan.

Jangan gunakan amoniak kasar yang biasa dipergunakan untuk membersihkan jendela karena bahan yang dikandungnya justru akan menyebabkan stikermu menggelembung dan mengelupas dalam beberapa minggu pascapemasangan.

Semprot permukaan bodi mobil yang hendak dipasangi stiker dengan cairan sabun dicampur air. Usahakan merata.

Lepaskan kertas paling bawah yang terasa tebal. Semprot juga lapisan lem yang terlihat ketika lapisan kertas diambil. Jangan takut untuk menempelkan sticker sekarang. Campuran air sabun akan mempermudah anda menggeser-geser letak stiker sesuai keinginan. Bila masih kurang yakin, apalagi jika anda sendiri dan takut tidak lurus bisa menggunakan selotip, tempelkan stiker di bodi mobil, tetapi ingat, hanya di sudut-sudut yang anda takutkan tak lurus yang dipasangi selotip. Untuk cara kedua, biasanya lapisan kertasnya tidak dilepas dahulu.

Bila anda gunakan cara kedua, begitu letaknya diyakini pas, ambil bagian tengahnya lalu balik satu sisi stiker, lepaskan kertasnya, lalu potong di bagian tengahnya. Semprotkan air sabun. Jika satu sisi terpasang, ulangi di sisi lainnya.

Proses selanjutnya, ambil rakel atau kalau tak ada sandal jepit yang dipotong kotak. Gunakan untuk membuang air dari balik lapisan stiker. Lakukan berulang-ulang sampai air tak tersisa.

Tunggu sampai kering, saat musim kemarau proses ini akan lebih cepat dibandingkan musim penghujan.

Terakhir, lepaskan masking tape.

Mudah, bukan? Selamat mencoba.

About these ads

13 Komentar

Filed under Penting Dibaca

13 responses to “Pasang Stiker Mobil Sendiri

  1. WIE2D

    ikut bisnis

  2. bif

    Masbro, gimana cara masang stiker pada bagian yang banyak lekukan? apakah diperlukan heat/ hot gun? tolong dijelaskan dikit caranya. thanks

    • Owner

      Bif, bisa menggunakan hot gun atau korek api gas. Bila menggunakan hot gun, cari yang panasnya mencapai 60 %. Soalnya, ada beberapa bahan vinyl yang bila dipanasi, saat bdingin kembali ke semula. Caranya, bila vinyl yang ente gunakan sekelas oracal, saat melewati lekukan, abaikan saja. Artinya, pasang datar. Nah setelah semua tertutupi datar, baru yang lekukan kita panasi kemudian di tekan menggunakan spon halus atau kin halus menikuti lekukan.
      Namun, bila menngunakan kelas DC Fix, ikuti lekukan sambil dipanasi. Tapi jangan ditarik terlalu keras ya. Kuncinya pada lekukan adalah, bila lekukan vertikal, ke arah mana anda harus menarik vinyl, dan bila lekukan horizontal ke arah mana ente menarik ujung vinyl. Kalau saya deket sampeyan bisa saya ajarin langsung.

  3. wew… Artikelnya bagus sekali bro…
    1. bagaimana cara membedakan jenis oracal dan df dix ? Kalau sticker merk ritrama, itu jenis apa bro ?
    2. Apakah di bagian sudut mobil yg melengkung harus disemprot dengan air sabun juga ?
    3. jika lengkungan horisontal, misalnya pada bagian pintu, stickernya dipasang horisontal (dari kiri kenan ) atau dari atas ke bawah ?
    Saat ini saya sedang belajar sambil praktek di mobil salah satu anggota DPR RI :D . Sebelumnya terimakasih atas postingan dan jawabannya. Jika tidak merepotkan, tolong jawabannya dikirim via sms ke 0813 55555 137. Soalnya saya sangat membutuhkan jawabannya sekarang.
    Sekali lagi tengkiyu atas jawabannya.
    OIYa… Izin bookmark blognya juga hehehe…..
    Nice post… Happy blogging….

  4. Oky

    bos< itu air sabun ga akan menghilangkan daya lekat stiker (mengurangi lem)

    • Owner

      Gak gan, air yang dicampur sabun akan mempermudah saat kita memasang sticker. setelah pas di mana sticker mau dipasang, buang airnya dengan rakel hingga sticker lengkat baru tarik maskingnya.

  5. kalo beli wrapping carr tool kit dimana ya ?

    • Admin

      terima kasih gan atas kunjungannya, maaf kami belum ada barang seperti yang agan inginkan, silakan browing lagi semoga menemukannya. salam sukses gan…

  6. Memasang sticker bisa di bilang mudah-mudah sulit,

    • Admin

      Selamat pagi Mas Danish, memang benar, harus banyak try and error. Salah ulang, gak rapi ulang, gelembung ulang begitu seterusnya sampai berani mengerjakan pesanan orang lain…. semoga sukses Mas Danish

  7. danang

    mas jenis sampo apa selain palmolive yang bagus untuk pasang stiker ke body mobil, mohon balasannya ya…..

    • Admin

      selamat malam gan danang. semua shampoo bisa tetapi usahakan hindari yang menggunakan conditioner. semoga sukses

Tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s